Rekomendasi Terbaik
Bisnis

Bagaimana Cara Kirim Barang ke India? Simak Caranya di Sini

India merupakan salah satu negara yang memiliki tingkat kerja sama di bidang ekonomi cukup erat. Akan tetapi masih banyak juga orang yang masih bingung bagaimana cara kirim barang ke India. Secara tingkat kerja samanya masih belum setinggi Indonesia dengan negara lain seperti China, Malaysia, dan lainnya.

Cara Kirim Barang ke India

Oleh karena itu, untuk menjawab pertanyaan Anda tersebut, di bawah ini telah kita ulas bagaimana caranya, yaitu:

  • Pastikan Barang yang Anda kirim Bukanlah Barang Terlarang

Pertama, pastikan dahulu bahwa barang yang Anda kirim itu bukanlah barang-barang yang terlarang. Ya, ada banyak sekali daftar barang yang dilarang masuk ke India, misalnya:

  1. Minuman beralkohol
  2. Narkoba
  3. Perangkat perjudian
  4. Kulit binatang
  5. Bahan kimia berbahaya
  6. Hal-hal yang berbau pornografi
  7. Gading
  8. Karti kredit
  9. Bahan makanan
  10. Isi perut hewan selain ikan
  11. Kopi
  12. Obat-obatan
  13. Bahan makanan

Masih banyak lagi barang-barang yang tidak boleh masuk ke India. Untuk lebih jelasnya Anda bisa berkunjung ke situs bea cukai India. Pastikan barang yang Anda kirim tak masuk ke dalam list tersebut.

  • Carilah Jasa Ekspedisi yang Mampu Mengirimkan Barang dari Indonesia ke India

Setelah Anda memastikan bahwa barang yang akan Anda kirim itu aman, maka selanjutnya carilah jasa ekspedisi yang mampu mengirimkan barang ke India dari Indonesia. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa kini jasa ekspedisi yang menawarkan pengiriman barang ke India itu sangat terbatas

Seperti yang telah disinggung di bagian atas bahwa hubungan perekonomian antara Indonesia dan India tak setinggi dengan negara lain seperti China, Malaysia, Jepang, dan lainnya.

  • Pastikan Anda Telah Melengkapi Berbagai Dokumen yang Dibutuhkan

Untuk mengirimkan barang dari Indonesia ke India tak bisa sembarangan. Anda harus menyiapkan sendiri dokumen-dokumen yang menjadi syarat bisa masuk ke India. Dokumen tersebut antara lain adalah; packing list dan commercial invoice.

Packing listmerupakan suatu dokumen yang isinya adalah daftar barang apa saja yang dikirim tersebut. Nah, dalam packing list juga terdapat beberapa informasi lainnya seperti alamat lengkap, berat barang dari Indonesia, dan juga siapa nama penerima barang tersebut.

Selanjutnya, commercial invoice adalah suatu tabel yang isinya adalah data-data mengenai harga per barang dan berapa total harganya. Dokumen ini juga harus ditandatangani oleh Anda selaku pengirim.

  • Cek Berkala Barang Anda Melalui Fitur Real Time Tracking

Jika sudah, Anda tinggal mengecek barang secara berkala. Pastikan barang yang Anda kirimkan itu sampai di tempat tujuan. Caranya yaitu dengan menggunakan fitur real time tracking.

Ya, setiap barang yang Anda kirimkan tentunya juga memiliki nomor resi yang bisa dilacak melalui aplikasi atau menggunakan situs khusus. Anda harus sering-sering mengecek apakah barang sudah sampai atau bagaimana status barang saat telah sampai di India.

Jika sudah sampai ke alamat penerima, pastikan Anda mengontak ke penerima tersebut dan memastikannya sampai. Jika barang ternyata tak memenuhi syarat dari pihak bea cukai India maka barang bisa dikembalikan dengan tambah ongkos kirim atau dihanguskan.

Itu dia beberapa cara kirim barang ke India yang harus Anda ketahui. Kilo.id merupakan salah satu jasa ekspedisi yang menawarkan pengiriman ke India dengan harga yang murah. Untuk informasi selengkapnya, pastikan Anda berkunjung ke Kilo.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *