Info

Tips Memilih Sofa untuk Ruang Tamu

Published on

Di ruang tamu, sofa merupakan elemen penting yang harus ada. Bukan hanya digunakan untuk menjamu tamu. Tetapi, furnitur ini juga digunakan untuk mempercantik tampilan ruang tamu. Ketika melihat area ruang tamu kosong tanpa furnitur ini, pasti akan terlihat sangat kurang bukan.

 

Bukan hanya itu, meskipun memiliki furnitur ini, namun jika pemilihannya tidak tepat, akan membuat desain interior menjadi kurang menarik. Pemilihan juga tidak boleh dilakukan dengan sembarangan karena usia pakainya lama, dan di banderol dengan harga tidak murah.

 

Agar Anda tidak salah dalam melakukan pemilihan, berikut beberapa tips yang dapat dilakukan untuk memilih sofa berkualitas.

 

Pilih Model yang Tepat

 

Sebelum pergi ke toko, dan melakukan pembelian, Anda bisa memilih dan mendesain seperti apa bentuk kursi tamu yang Anda ingini. Apakah Anda ingin bentuk yang terkesan minimalis, modern, atau malah furnitur yang terkesan vintage. Untuk melakukan pemilihan model, Anda bisa menyesuaikannya dengan desain interior yang diingini.

 

Selain model, Anda juga bisa mulai menentukan warna. Jika tema yang ingin Anda usung adalah vintage, Anda bisa memilih warna cokelat atau cokelat kehitaman. Sedangkan bila ingin tema minimalis, pilih warna abu-abu, cokelat tua, dan hitam.

 

Perhatikan Bagian Rangka dengan Baik

 

Jika sudah menentukan model yang paling tepat, ketika pergi ke toko. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan yakni material serta konstruksi rangka. Harus diketahui, rangka dengan bahan kayu biasanya sering dijadikan sebagai material penopang. Material kayu membuatnya menjadi semakin kokoh serta tahan lama.

 

Bukan hanya itu, Anda juga harus jeli memperhatikan konstruksi rangka yang dipergunakan. Lebih baik hindari rangka yang disatukan dengan baut serta lem. Konstruksi seperti ini bisa membuat furnitur kurang kuat dan akhirnya patah.

 

Pilih Material yang Tepat

 

Selain rangka dan konstruksi, material menjadi hal yang harus diperhatikan. Ada berbagai macam material dari sofa seperti nilon, kulit imitasi dan fabric. Biasanya, kursi tamu yang dibuat dari bahan kulit mempunyai kualitas yang sangat baik. Sayangnya, kursi yang menggunakan material kulit di banderol dengan harga yang cukup mahal.

 

Namun, bila Anda ingin material yang juga cukup baik namun memiliki harga yang lebih terjangkau, Anda bisa memilih material fabric. Material fabric lebih murah jika dibandingkan dengan kulit, bukan hanya itu, material ini juga sangat nyaman dipergunakan karena hawanya terasa lebih sejuk.

 

Terakhir adalah isi material di dalamnya. Usahakan memilih material isi yang tidak mudah kempes. Sehingga ketika dipergunakan dalam waktu bertahun-tahun, material tidak mudah kempes.

 

Pastikan Ukuran Sofa Sesuai dengan Luas Ruangan

 

Rumah-rumah minimalis seperti sekarang ini biasanya memiliki ruang tamu yang tidak begitu luas. Sehingga, Anda wajib memperhatikan ukuran kursi dengan luas ruangan. Sebelum melakukan pembelian, tidak ada salahnya mengukur luas ruangan terlebih dulu.

 

Jangan sampai ukurannya terlalu besar ketika ditempatkan di ruang tamu, sehingga membuat ruang tamu terkesan sempit dan kurang lega. Bila ruang tamu Anda tidak luas, pilih ukuran minimalis dengan bentuk later L.

 

Periksa Kedalaman dan Ketinggiannya

 

Pemeriksaan kedalaman dan ketinggian menjadi hal terakhir yang harus dilakukan sebelum melakukan pembelian. Bila membeli secara offline, Anda dapat mengukur apakah telapak kaki bisa menyentuh lantai atau tidak. Tetapi, jika membeli secara online, Anda bisa bertanya mengenai ukuran hingga bahan dengan lengkap. Jangan sampai, karena sembarangan memilih, kaki Anda malah menggantung ketika duduk di sofa.